Perkembangan
iptek pada abad 21 ini, semakin tidak terbendung, hal ini dikarenakan sudah tidak
adanya batas antar Negara dalam hal komunikasi dan kerjasama, sehingga semua
lini harus mengantisipasi hal ini.Dalam dunia pendidikan perlu dilakukan
perubahan dalam model pembelajaran yang dapat mengantisipasi kemajuan abad 21,
yang menuntut adanya 4 ketrampilan dasar dan 20 standar literasi teknologi.
Secara
umum 4 ketrampilan (4C) yang dibutuhkan di abad 21, antara lain (NEA, 2012):
1. Critical Thinking and Problem
Solving, mempunyai pemikiran yang kritis dalam menyelesaikan masalah
2. Creativity and Innovation, mempunyai
kreatifitas dan inovasi
3. Communication, mempunyai kemampuan
dalam mendengar, membaca, berbicara dan menulis dengan menggunakan berbagai
media
4. Collaboration, mempunyai kemampuan
dalam bekerjasama dan menghargai orang lain
Sedangkan
20 standar literasi teknologi yang harus dikuasai dalam abad 21, antara lain (International
Technology Education Association , 2002) :
1.
Dasar Teknologi, meliputi :
a) Standar 1,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang karakteristik dan
ruang lingkup teknologi
b) Standar 2,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang konsep inti dari
teknologi
c) Standar 3,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang hubungan antar
teknologi dan hubungan antara teknologi dan bidang studi lainnya.
2. Teknologi
dan Masyarakat, meliputi :
a) Standar 4,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang budaya, sosial,
ekonomi dan efek-efek kebijakan teknologi
b) Standar 5,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang efek teknologi pada
lingkungan
c) Standar 6,
Peserta didik akan mengembangkan peran masyarakat dalam pengembangan dan
penggunaan teknologi
d) Standar 7, Peserta
didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang pengaruh teknologi pada
sejarah masa lalu.
3. Desain,
meliputi :
a) Standar 8,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang elemen-elemen desain
b) Standar 9,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang desain rekayasa
c) Standar 10,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang pembaharuan,
penelitian dan pengembangan, penemuan dan inovasi, dan percobaan pada pemecahan
masalah
4. Kemampuan
untuk Dunia Teknologi, meliputi :
a) Standar 11,
Peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk menerapkan sebuah proses
desain
b) Standar 12,
Peserta didik akan mengembangkan kemampuan menggunakan dan merawat produk
teknologi dan sistem
c)
Standar 13, Peserta didik akan
mengembangkan kemampuan menilai dampak dari produk dan sistem
5. Dunia yang
Terdesain
a) Standar 14,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi
serta menggunakan teknologi pengobatan (kedokteran)
b) Standar 15,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi
dan menggunakan pertanian serta yang terkait dengan bioteknologi
c) Standar
16, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan
menyeleksi serta menggunakan dan kekuatan teknologi
d) Standar 17,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman dan dapat menyeleksi
serta menggunakan informasi dan teknologi komunikasi
e) Standar 18, Peserta didik akan mengembangkan
sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi serta menggunakan teknologi
transportasi
f) Standar 19,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi
serta menggunakan teknologi manufaktur
g) Standar 20,
Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi
serta menggunakan teknologi konstruksi
Salah satu
model pembelajaran yang dikembangkan dalam mengantisipasi abad 21 adalah STEM
(Sain, Teknologi, Enjinering, Matematika).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar