Senin, 01 Oktober 2018

Perkembangan abad 21 menuntut 4 ketrampilan dasar dan 20 standar literasi teknologi.

Perkembangan iptek pada abad 21 ini, semakin tidak terbendung, hal ini dikarenakan sudah tidak adanya batas antar Negara dalam hal komunikasi dan kerjasama, sehingga semua lini harus mengantisipasi hal ini.Dalam dunia pendidikan perlu dilakukan perubahan dalam model pembelajaran yang dapat mengantisipasi kemajuan abad 21, yang menuntut adanya 4 ketrampilan dasar dan 20 standar literasi teknologi. 

Secara umum 4 ketrampilan (4C) yang dibutuhkan di abad 21, antara lain (NEA, 2012):
    1. Critical Thinking and Problem Solving, mempunyai pemikiran yang kritis dalam menyelesaikan masalah 
        2.     Creativity and Innovation, mempunyai kreatifitas dan inovasi 
       3.      Communication, mempunyai kemampuan dalam mendengar, membaca, berbicara dan menulis dengan menggunakan berbagai media 
 4.     Collaboration, mempunyai kemampuan dalam bekerjasama dan menghargai orang lain

Sedangkan 20 standar literasi teknologi yang harus dikuasai dalam abad 21, antara lain (International Technology Education Association , 2002) :
      1.      Dasar Teknologi, meliputi :
a)  Standar 1, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang karakteristik dan ruang lingkup teknologi
b)  Standar 2, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang konsep inti dari teknologi
c)  Standar 3, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang hubungan antar teknologi dan hubungan antara teknologi dan bidang studi  lainnya.
     2.    Teknologi dan Masyarakat, meliputi :
a)    Standar 4, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang budaya, sosial, ekonomi dan efek-efek kebijakan teknologi
b)   Standar 5, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang efek teknologi pada lingkungan
c)    Standar 6, Peserta didik akan mengembangkan peran masyarakat dalam pengembangan dan penggunaan teknologi
d)   Standar 7, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang pengaruh teknologi pada sejarah masa lalu.
     3.    Desain, meliputi :
a)    Standar 8, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang elemen-elemen desain
b)   Standar 9, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang desain rekayasa
c)    Standar 10, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang pembaharuan, penelitian dan pengembangan, penemuan dan inovasi, dan percobaan pada pemecahan masalah


     4.    Kemampuan untuk Dunia Teknologi, meliputi :
a)    Standar 11, Peserta didik akan mengembangkan kemampuan untuk menerapkan sebuah proses desain
b)   Standar 12, Peserta didik akan mengembangkan kemampuan menggunakan dan merawat produk teknologi dan sistem
c)    Standar 13, Peserta didik akan mengembangkan kemampuan menilai dampak dari produk dan sistem
      5.    Dunia yang Terdesain
a)  Standar 14, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi serta menggunakan teknologi pengobatan (kedokteran)
b)  Standar 15, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi dan menggunakan pertanian serta yang terkait dengan bioteknologi
c)  Standar 16,  Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi  serta menggunakan dan kekuatan teknologi
d)  Standar 17, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman dan dapat menyeleksi  serta menggunakan informasi dan teknologi komunikasi
e)   Standar 18, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi serta menggunakan teknologi transportasi
f)   Standar 19, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi serta menggunakan teknologi manufaktur
g)  Standar 20, Peserta didik akan mengembangkan sebuah pemahaman tentang kemampuan menyeleksi serta menggunakan teknologi konstruksi
Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan dalam mengantisipasi abad 21 adalah STEM (Sain, Teknologi, Enjinering, Matematika).

Tidak ada komentar: