Jumat, 05 Oktober 2018

Distilasi sederhana - Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) PBL (Problem Based Learning) 4C (Critical thinking, Collaborative, Comunicative, Creative)


Teacher Introduction
Contoh :
Dari hasil fermentasi alcohol diperoleh = etanol 10%,
1.      Bagaimana  meningkatkan konsentrasinya supaya layak dijual? 
Yang diperdagangkan  70% dan 95% ..... didistilasi!
2.     Apakah dapat dilakukan dengan distilasi sederhana?
3.      Berapa konsentrasi yang bisa dihasilkan dari distilasi sederhana?
4.      Dapat  distilasi sedrehana menghasilkan konsentrasi  70% atau 95%
5.      Bagaimana kita bisa tahu konsentrasi distilat  = 95%? Bisa dibuktikan ketika praktik
6.      Kapan kita dapat memperoleh distilat 95% dari distilasi sederhana ?
Apakah sampai produk bawah (residu) habis?
Apakah sampai produk bawah ½ atau ¼  dari volume awalnya ?
Dapatkah dihitung menggunakan neraca massa?
Missal :
100 g etanol kadar 10% didistilasi sederhana menjadi distilat  95% dan produk bawah = 1%. Berapa distilat yang dihasilkan (ditampung) ?
Dari hasil perhitungan = Distilat 95% = 9,57 g , produk bawah 1% = 90,43g
Hipotesa: berdasarkan perhitungan neraca massa ketika distilat ditampung = 9,57g konsentrasinya 95%, produk bawah 1% sebanyak  90,43 g
Apakah hiptesa tersebut benar?
Dilakukan eksperimen:

Objectives (mutlak/ pasti/ sebenarnya/ nyata) 
Tujuan pembelajaran; menaksir konsentrasi distilat pada distilasi sederhana 
Materials


Engagement   : ………................
Exploration    : ………................
Explanation   : ………….............
jika hipotesa tersebut terbukti salah?
Extension       : .............................
Guru  membimbing siswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat pada konteks baru. 
mengapa hipotesa kurang tepat?
Bagaimana perhitungan distilasi sederhana yang lebih valid?
Mengapa perhitungan neraca massa tersebut tidak dapat dibuktikan?

Dibutuhkan STEM untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut!
Dibutuhkan pemahaman tentang integral dan deferensial!

Bagaimana integral dan diferensial dapat diselesaikan ? sementara siswa belum mendapatkan!
Peranan matematika yang dapat membantu menyelesaikannya, misal dengan metode deret dan lain lain.
Evaluation : ..........................
STEM dapat memberikan solusi!

Tidak ada komentar: