Sabtu, 27 Januari 2018

BELAJAR MENYELESAIKAN UJIAN NASIONAL " KIMIA INDUSTRI"DENGAN BENAR

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Prestasi penting, jujur yang utama. Ujian itu tidak boleh menghalalkan segala cara. Tidak ada lagi „subsidi jawaban‟. Ini berarti Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden sudah mulai terlaksana.,” kata Mendikbud Anies Baswedan, saat konferensi pers UN 2016, di Kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (1/04).
Menurut Anies Baswedan, yang menarik dari UN 2016 ini adalah sekolah-sekolah yang melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 ini meningkat 900%. “Tahun lalu 500 sekolah, tahun ini 4.400 sekolah melaksanakan UNBK. Dari data Indeks Integritas UN tahun lalu, sekolah yang melaksanakan UNBK, tingkat kecurangan nol, atau indeks integritas UN-nya 100%,” ujar Mendikbud. UNBK  mentut siswa benar menguasai materi  karena soal UN benar-benar beda antara siswa satu dengan yang lain.
Penggunaan UNBK menuntut kejujuran, kita tidak mengandal kan menyontek maupun bantuan orang lain.  Meskipun ujian nasional tidak menentukan kelulusan siswa namun keseriusan siswa dan guru dalam menyiapkan diri menghadapi ujian nasional harus tetap ditingkatkan karena UN masih tetap digunakan untuk komponen penentu seleksi  masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun seleksi memasuki  dunia kerja.
Ujian Nasional (UN)
Faktor yang tidak kalah penting adalah bentuk kisi-kisi UN tahun 2016 dan seterusnya tidak lagi berupa indikator soal yang rinci. Dengan kisi-kisi yang tidak rinci maka bentuk soal ujian tidak lagi bisa ditebak (Kisi kisi UN teori SMK kimia Industri 2018)
Selain itu, dalam UN 2016 jumlah soal dengan ketrampilan berpikir orde tinggi juga ditingkatkan hingga mencapai 10% dan akan terus ditingkat ditahun mendatang

“Perubahan-perubahan tersebut dilakukan berdasar masukan-masukan, kritik dan saran perbaikan Ujian Nasional yang diterima dari berbagai kalangan pendidik maupun pemerhati pendidikan,” ujar Anies.
Perubahan tersebut juga merupakan bagian dari reformasi penilaian yang terus dilakukan untuk lebih mendorong siswa dan guru melakukan pembelajaran yang sejalan dengan kebutuhan kompetensi abad 21.
Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan mengeluarkan ketentuan tentang
IIUN (indeks integritas Ujian nasional) disamping hasil UN. IIUN menyatakan tingkat kejujuran siswa mengerjakan UN. Mengukur seberapa jujur sekolah menyelenggarakan ujian nasional.
Pemerintah pusat akan terus mendorong  pemerintah daerah serta para pelaku pendidikan (kepala sekolah, guru, ataupun peserta didik) untuk semakin meningkatkan nilai UN maupun  IIUN pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini agar nilai UN pada tahun-tahun berikutnya terus-menerus mengalami peningkatan serta lebih dipercaya sebagai indikator kualitas sumber daya manusia Indonesia yang sesungguhnya. Caranya bagaimana? Pemerintah akan memberikan  penghargaan kepada sekolah-sekolah ataupun provinsi-provinsi yang sanggup mencapai IIUN tertinggi dalam bentuk jaminan pemberian dana bantuan operasional sekolah yang lebih tinggi serta prioritas utama sasaran penerima beasiswa.

Pikirkan Masa Depan Anda
Walaupun banyak pro dan kontra, Ujian Nasional tetaplah suatu hal yang akan sangat menentukan masa depan anda. Ketika anda merasa tidak peduli dan kehilangan semangat untuk lulus ujian, pikirkan orang-orang di sekitar anda. Pikirkan orang tua yang sudah mengeluarkan biaya sekolah, pikirkan adik-adik yang selalu menjadikan anda sebagai contoh, pikirkan pacar anda yang mungkin menganggap anda sebagai orang terhebat, dan sosok-sosok lain di sekitar hidup anda. Buatlah mereka bahagia dengan keberhsilan anda meraih ujian Nasional dengan baik  ....jangan sia-siakan kepercayaan mereka
Ikuti pogram siswa pembelajar online: 
kotak person : sugianto
email             : sugianto.gik256@gmail.com
phone           :  081313430785
WhatsApp    :  081313430785
PEMBELAJARAN KIMIA INDUSTRI ONLINE
A. SOAL UJIAN NASIONAL
  1. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2008/2009
  2. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2009/2010
  3. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2010/2011
  4. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012
  5. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2012/2013
  6. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014
      7. Soal Teori Kejuruan Tahun Pelajaran 2014/2015
    • Soal A
    • pembahasannya
B. PENDALAMAN KOMPETENSI KEJURUAN KIMIA INDUSTRI
    1. AZAZ TEKNIK KIMIA
    2. OPERASI TEKNIK KIMIA
    3. PROSES INDUSTRI KIMIA
    4. ALAT MESIN INDUSTRI KIMIA
    5. PENGOLAHAN INDUSTRI KIMIA SKALA KECIL
C. PREDIKSI UJIAN NASIONAL BERDASARKAN KISI-KISI UN 2016-2017 
E. BUKU PENUNJANG
    1. AZAZ TEKNIK KIMIA
    5. PENGOLAHAN INDUSTRI KIMIA SKALA KECIL
    6. KIMIA INDUSTRI BSE 1
    7. KIMIA INDUSTRI BSE 2
    8. KIMIA INDUSTRI BSE 3

Tidak ada komentar: