Senin, 01 Oktober 2018

3 pendekatan yang digunakan dalam model pembelajaran STEM


Secara umum tujuan dan manfaat dari model pembelajaran STEM yang diharapkan, antara lain :
1.     Mengasah keterampilan berpikir kritis dan kreatif, logis, inovatif dan produktif
2.     Menanamkan semangat gotong royong dalam memecahkan masalah
3.     Mengenalkan perspektif dunia kerja dan mempersiapkannya.
4.  Memanfaatkan teknologi untuk menciptakan dan mengomunikasikan solusi yang inovatif
5.   Media untuk menumbuhkembangkan kemampuan menemukan dan menyelesaikan masalah.  
6. Media untuk merealisasikan kecakapan abad 21 dengan menghubungkan pengalaman kedalam proses pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kecakapan peserta didik
7.     Standarisasi Literasi Teknologi

Secara umum, ada 3 pendekatan yang digunakan dalam model pembelajaran STEM, yaitu :
         1.      Pendekatan Silos, dimana setiap disiplin STEM diajarkan secara terpisah untuk menjaga domain pengetahuan dalam batas-batas dari masing-masing disiplin, contohnya seperti permainan jams session
Bagi yang sudah merasa menjadi musisi jazz, jam session berguna sebagai ajang silaturahmi, tukar pikiran dan ide, juga mengukur kemampuan diri sendiri sudah sejauh mana kita berproses dlm mendalalmi jazz. Bagi musisi jazz pemula, jam session artinya "kesempatan" untuk bermain bersama orang -orang yg dianggap levelnya lebih tinggi dari kita. sehingga dapat terbukti seberapa bisa kita beradaptasi  dengan orang tersebut.
             2.      Pendekatan embedded, lebih menekankan untuk mempertahankan integritas materi pelajaran, bukan fokus pada interdisiplin mata pelajaran, materi pada pendekatan tertanam tidak dirancang untuk dievaluasi atau dinilai, contohnya seperti permainan music organ tunggal, dimana semua alat music ada pada organ.
             3.      Pendekatan integrated, dimana setiap bidang STEM diajarkan seolah-olah terintegrasi dalam satu subjek, contohnya adalah group band music.

Sedangkan Prespektif Pendidikan model pembelajaran STEM ada 9, antara lain (Bebey 2013):
1.    STEM Equals Science (or Mathematics), seperti ekosistem hutan untuk pohon
2.    STEM Means Both Science and Mathematics ( STEM as a reference for science and mathematic), seperti silos dan postholes
3.    STEM Means Science and Incorporates Technology, Engineering, or Math (Separate Science Disciplines That Incorporate Other Disciplines), seperti rumah yang terdiri dari beberapa ruang/kamar
4.    STEM Equals a Quartet of Separate Disciplines, seperti silos
5.    STEM Means Science and Math Are Connected by One Technology or Engineering Program, seperti mall yang didalamnya terdiri dari beberapa toko yang terintegrasi
6.    STEM Means Coordination Across Disciplines, seperti membangun rumah yang terdiri dari beberapa sub kontraktor
7.    STEM Means Combining Two or Three Disciplines, seperti membuat produk baru dengan mengabungkan beberapa produk yang sudah ada
8.    STEM Means Complementary Overlapping Across Disciplines, seperti dalam perakitan mobil
9.    STEM Means a Transdisciplinary Course or Program, seperti group music

Tidak ada komentar: