Secara umum tujuan dan manfaat dari model pembelajaran STEM
yang diharapkan, antara lain :
2. Menanamkan
semangat gotong royong dalam memecahkan masalah
3. Mengenalkan
perspektif dunia kerja dan mempersiapkannya.
4. Memanfaatkan
teknologi untuk menciptakan dan mengomunikasikan solusi yang inovatif
5. Media
untuk menumbuhkembangkan kemampuan menemukan dan menyelesaikan masalah.
6. Media untuk merealisasikan kecakapan abad 21 dengan menghubungkan pengalaman kedalam proses pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kecakapan peserta didik
6. Media untuk merealisasikan kecakapan abad 21 dengan menghubungkan pengalaman kedalam proses pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kecakapan peserta didik
7. Standarisasi Literasi Teknologi
Secara umum, ada 3 pendekatan yang digunakan dalam model
pembelajaran STEM, yaitu :
1.
Pendekatan
Silos, dimana setiap disiplin STEM diajarkan secara terpisah untuk menjaga
domain pengetahuan dalam batas-batas dari masing-masing disiplin, contohnya
seperti permainan jams session
Bagi yang sudah
merasa menjadi musisi jazz, jam session berguna sebagai ajang silaturahmi,
tukar pikiran dan ide, juga mengukur kemampuan diri sendiri sudah sejauh mana
kita berproses dlm mendalalmi jazz. Bagi musisi jazz pemula, jam session
artinya "kesempatan" untuk bermain bersama orang -orang yg dianggap
levelnya lebih tinggi dari kita. sehingga dapat terbukti seberapa bisa kita
beradaptasi dengan orang tersebut.
2. Pendekatan embedded, lebih
menekankan untuk mempertahankan integritas materi pelajaran, bukan fokus pada
interdisiplin mata pelajaran, materi pada pendekatan tertanam tidak dirancang
untuk dievaluasi atau dinilai, contohnya seperti permainan music organ tunggal,
dimana semua alat music ada pada organ.
3. Pendekatan integrated, dimana setiap
bidang STEM diajarkan seolah-olah terintegrasi dalam satu subjek, contohnya
adalah group band music.
Sedangkan Prespektif Pendidikan
model pembelajaran STEM ada 9, antara lain (Bebey 2013):
1. STEM Equals Science (or Mathematics), seperti ekosistem
hutan untuk pohon
2. STEM Means Both Science and Mathematics ( STEM as a
reference for science and mathematic), seperti silos dan postholes
3. STEM Means Science and Incorporates Technology, Engineering,
or Math (Separate Science Disciplines That Incorporate Other Disciplines),
seperti rumah yang terdiri dari beberapa ruang/kamar
4. STEM Equals a Quartet of Separate Disciplines, seperti silos
5. STEM Means Science and Math Are Connected by One Technology
or Engineering Program, seperti mall yang didalamnya terdiri dari beberapa toko
yang terintegrasi
6. STEM Means Coordination Across Disciplines, seperti
membangun rumah yang terdiri dari beberapa sub kontraktor
7. STEM Means Combining Two or Three Disciplines, seperti
membuat produk baru dengan mengabungkan beberapa produk yang sudah ada
8. STEM Means Complementary Overlapping Across Disciplines,
seperti dalam perakitan mobil
9. STEM Means a Transdisciplinary Course or Program, seperti
group music
Tidak ada komentar:
Posting Komentar