Jumat, 07 September 2018

membuat semir silikon emulsi (semir body/ semir ban/ grinding coolant)


Anda ingin membuat "emulsi Silikon" sendiri? caranya sangat mudah tak perlu keahlian khusus, Anda sudah membuat silikon emulsi dengan bahan berikut?
1. Silicone Oil
2. St-55
3. Polysorbate
4. Aquadest
bagaimana hasilnya? kental, sulit larut di air? kusam di body? biayanya masih relatif mahal bukan? terutama Silikon oil.
Untuk menekan biaya operasional penggunaan silikon oil / emulsi silikon anda bisa membuatnya sendiri sesuai kriteria dan manfaat yang kita inginkan sebagai pelumas/ pelicin , pendingin atau pengkilap
Haruskah kita menggunakan silikon oil/silikon emulsi yang mahal untuk mendapatkan manfaat selumas, pendingin, pengkilap pada suhu rendah (kurang dari 100 C)? yakinlah keunggulan silikon oil tidak dibutuhk`n pada kondisi ini, untuk apa kita harus bayar mahal kalau kita dapat mendapat manfaat yang sama dengan harga yang jauh lebih murah?

Tulisan ini saya buat untuk menanggapi banyak email yang masuk ke sugianto_gik@yahoo.com , untuk membantu kesulitan/permasalahan bersangkutan dengan "emulsi Silikon" yang semakin meluas penggunaannya.
sebagai alternatif mendapat manfaat silikon kita dapat membuat emulsi silikon yang sebenarnya atau membuat produk penggantinya yang memberi manfaat sama dengan silikon yang kita butuhkan sebagai pelumas, pendingin, pengkilap anti foam dan lain lain.
Emulsi silikon di Industri perancangan heat exchanger, silikon untuk semir(Polish) mobil semir ban pelicin cetakan bersuhu tinggi
Pada dasarnya emulsi sendiri adalah campuran minyak dan air dibantu emulsifier seperti polysorbat atau sejenisnya, tapi sering kali kurang larut di air (tidak mudah melarut di air) sehingga cost menjadi mahal dalam opersional.
bila membuat emulsi sendiri harga silicon oil (minyak silikon)-nya sendiri sudah cukup mahal. bagaimana cara mengatasi kebutuhan emulsi yang semakin mahal? harus bisa kita buat sendiri dari bahan yang lebih murah seperti oli bekas mempunyai komponen silikon relatif bekas atau limbah lain yang mempunyai potensil menggantikan fungsi dan manfaat emulsi silikon di industri besar maupun perawatan sekitar kita untuk bahan anti lengket , bahan pengkilap dan sebagainya.
B`gaimana caranya?
1. Limbah harus dimanfaatkan untuk membuat produk yang memberi manfaat lebih seperti oli bekas dijadikan emulsi silikon? pasti kita bisa dengan biaya operasional yang tak mahal!
2. Memanfaatkan potensi alam yang kita miliki, yang mampu menghasilkan produk sekelas emulsi silkon, dengan yang mudah, bila perlu bisa dilakukan tanpa ada pemanasan!
pastikan kita bisa!
kontak: sugianto.gik256@gmail.com , Hp : 081313430785

2 komentar:

Arisky Nanda Pratama mengatakan...

Pak bahan apa yang untuk pengganti silikon oil

Unknown mengatakan...

Sy mo bikin pengkilap body motor, bahan nya apa saja, agar kilap yg dihasilkan lebih glissy, trus gmn cara agar air dgn silicon oil bisa
larut dan menyatu sempurna dgn air..tmksh.