Selasa, 26 Desember 2017

MGMP Teknik Kimia Kota Malang Menyelenggarakan Pelatihan Kimia Industri merujuk SKKNI dan Uji Unit KOmpetensi (UUK)

Saatnya Guru SMK Berubah! Jangan Hanya Menunggu!

Dalam kehidupan manusia, perubahan bisa terjadi baik pada individu maupun kelompok atau organisasi. Perubahan saat ini juga terjadi pada dunia pendidikan di Indonesia. Perubahan di dunia pendidikan itu berpijak pada kenyataan bahwa angka pengangguran terbesar justru dari lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Dari 7 juta pengangguran di Indonesia, 9 persennya lulusan SMK.
Padahal, dengan spesifikasi pembelajaran semestinya lulusan bisa terserap lapangan pekerja.
Mengacu hasil statistik pengangguran, maka penting melakukan job matching. Mata pelajaran atau penjurusan SMK mesti sesuai dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri.
Untuk itulah, guru-guru diminta untuk belajar lagi supaya memiliki tambahan keahlian sebagai bekal mengajar siswa SMK,peningkatan kompetensi guru produktif dapat menunggu program pemerintah melalui PKB (Simpembelajaran) yang dibimbing instruktur Nasional yang ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tapi itu bisa lama sekali tidak dapat giliran sama sekali.
Saya sebagai guru produktif program studi Kimia Industri selama ini belum pernah mendapatkan jatah pelatihan pelatihan program studi kimia industri dari undangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun tidak berhenti menggusahakan peningkatan kompetensi diri. Dengan meminjam materi mereka yang mengikuti pelatihan undangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelatihan yang diadakan beberapa perguruan tinggi ternyata ya hanya itu saja, kurang mengena dalam peningkatan kompetensi guru terutama program studi kimia industri.
Pembekalan pengampu
Perubahan tugas mengajar mata pelajaran atau program studi lama menjadi baru yang akan diampu guru membutuhkan pengetahuan, pengalaman lapangan, dan ketrampilan produktif baru.Pengalaman praktik mengajar yang realistis pada situasi sekolah sesungguhnya, akan menjadikan metode mengajar sesuai karakteristik program studi yang diampu guru.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan 15 ribu guru mengikuti Program Keahlian Ganda. Dengan mengikuti program itu, para guru dibekali penguatan atau pendalaman materi. Setelah itu, mereka mengikuti melaksanakan sertifikasi kompetensi keahlian sesuai paket keahlian yang diikuti. bagaimana persiapan kita?

Guru SMK/SMA tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan di PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika di Malang yang diselenggarakan pada 21 Agustus hingga 16 September 2017. Selanjutnya, para guru mesti mengikuti uji kompetensi pada 18-19 September 2017. Peserta angkatan pertama berjumlah 237 orang yang akan mengikuti 238 jam pelajaran di  PPPPPTK BOE Malang.Adapun kelas yang diikuti yakni Paket Keahlian Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Permesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Mekatronika, Teknik Ototronik, Multimedia, Rekasaya Perangkat Lunak, serta Teknik Komputer dan Jaringan.

Program studi kimia industri mana? Pelatihan Program studi kimia industri yang sesuai  Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Uji  unit kompetensi kimia industri  bagi guru produktif SMK lagi lagi belum ada, mengingat kebutuhan uji unit kompetensi (UUK)yang segera dilakukan maka MGMP Teknik kimia Kota Malang bekerjasa dengan SMK Putra Indonesia Malang mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi guru produktif kimia industri yang merujuk pada SKKNI dan UUK kimia industri.

JADWAL PELATIHAN GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI
SMK PUTRA INDONESIA MALANG – JAWA TIMUR
Pemateri : Ir Sugianto
Jadwal Pelaksanaan Pelatihan
Hari tanggal
waktu
Materi
Kamis, 21 Desember 2017
07.30 -08.00
Pembukaan
08.00-09.00
SKKNI SMK Kimia Industri
09.00-10.00
Mengenal Uji Unit Kompetensi (UUK) Kimia industri
10.00-11.00
Neraca Massa
11.00-12.00
Latihan menyelesaikan Neraca Massa
12.00-13.00
Isoma
13.00-15.30
Menyelesaikan tugas projek menghitung Neraca massa Industri  asam sulfat dan ndustri pupuk Urea
Jum’at, 22 Desember 2017
07.30 -09.00
Hukum kekekalan energi
09.00-11.00
Latihan menyelesaikan dasar hukum  kekekalan energi
11.00-13.00
Isoma
13.00-15.30
Menyelesaikan tugas projek menghitung Neraca energi
Sabtu, 23 Desember 2017
07.30 -09.00
Mengenal panas
09.00-11.00
Perpindahan panas
11.00-12.00
Latihan menyelesaikan perpindahan panas
12.00-13.00
Isoma
13.00-15.30
Menyelesaikan tugas projek menghitung Neraca energi pada sistem perpipaan dengan melibatkan alat perpindahan panas
Waktu total pelaksanaan pelatihan 24 jam

3 komentar:

srimulyaningsih.sm mengatakan...

apakah boleh saya mengikuti pelatihan seperti ini apabila lain kali ada event lagi. saya guru kimia industri di smkn 2 banjarmasin. dan kami baru 2 tahun buka jurusan kimia industri sangat membutuhkan pelatihan pelatihan. bila dibolehkan tolong hub saya email : srimulyaningsih.sm@gmail.com atau no hp/ wa 08115002032. bolehkah kami bergabung dalam mgmp nya juga. trimakasih

Sugianto mengatakan...

Boleh Bu, nanti saya hubungi
mungkin setelah UN, sekarang masih persiapan untuk UNBK kejuruan
Tapi materi yang diberikan untuk persiapan Kurikulum 2017 (2013 revisi)

Nur Eli mengatakan...

mohon ijin Kami mengikuti pelatihan seperti ini apabila lain kali ada event lagi. saya guru kimia industri di smkn 2 Cimahi. dan kami baru 3 tahun buka jurusan kimia industri sangat membutuhkan pelatihan pelatihan. bila dibolehkan tolong hub saya email : r.nureli@yahoo.com atau no hp/ wa 081394602537. sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasi