Jumat, 07 September 2018

Membuat sabun cair Rp 1000/ liter Super murah

Tidak diragukan lagi manfaat texapon bahan sejenisnya seperti N-70, emal-70, SLS, SLES, LAS, ABS, LABS telah menguasai  formulasi membuat produk kimia rumah tangga, pertanian, automotive, sanitasi dll.

  semakin booming-nya masyarakat membuat produk berbahan baku texapon atau sejenisnya semakin mahal juga harga texapon (harga eceran tahun 2013 Rp 12.000, sekarang sudah Rp 24.000 –Rp 27000/kg). Dengan harga bahan baku yang mahal para pelaku usaha kecil menjadi sangat sulit mengembangkan usahanya, tapi bagi pegusaha besar dan menengah masih tidak bermasalah, mereka bisa mendapatkan harga sekitar Rp21.000/kg atau lebih murah lagi (dalam kemasan Drum)

Untuk pengusaha kecil dan menengah
(yang masih mendapatkan texapon Rp 24.000 atau lebih mahal)

apakah kita harus menyerah dengan keadaan ini?
Atau kita harus ganti dengan usaha lain?
Tidak !
Jalan masih terbentang panjang !
Pasti ada cara untuk membuat usaha kita berjalan dengan baik!

Kita semua berhak mendapatkan kemudahan, bukan? Setelah berdiskusi dengan teman dari Jember “bagaimana  sabun cair bisa menjadi murah? saya segera melakukan  percobaan , hasilnya ternyata kita bisa membuat sabun cair dasar dengan mudah dengan kualitas yang memadai (daya bersih,kental, busa) dengan harga produksi Rp1000-1.500/ liter sabun cair(perhitungan belum ditambah parfum dan bahan aditif lain)
untuk :
pembersih lantai
detergen laundry (matic)
perekat pestisida
handsoap
dll
Mau tahu formulanya?
Kontak sugianto.gik256@gmail.com, Phone : 081313430785
 

Hello mas Gianto,
Trims berat Formula sabun cair,disinfektan serta cara membuat sabun cair sudah saxa terimah.
Jadi infomasi yg mas Ginto berikan spt diatas saya gunakan sebagai bahan masukkan dan perbandingan.
Maka dari itu dlm kesempatn ini saya minta nasehat/sharing pendapat dan jg ingin bertanya ke mas.
Khususnya sabun cuci piring cair saja.
Mas saya sudah bikin sabun cuci piring cair tsb adapun formula yg saya gunakan sbb:
* Texapon 10% (3 kg)
* Sodium sulfat 5%(1.5 kg)
* Camperlan 2%(600 gr)
* Asam sitrid 1%(300 gr)
* EDTA 0,1%(30 gr)
* Parfum (20cc)
* Propilin glikol (10cc)
* Pewarna secukupnya
Air 70% sampai 80%(24000 ltr..............jadi sabunnya 30liter.
adapun yang saya tanyakan sbb:
1.apakah formula saya tsb diatas bagus dan menurut mas apa ada bahan yg harus dikurangi atau ditambah jumlahnya/ukurannya
...............................................
2.menurut saya formula diatas bagus cuma camperlan dan texaponnya msh mahal.
intinya saya ingin sabunnya kental dan busanya banyak melimpah,apa ada bahan lain yg bisa dimasukkan...bagaimana dgn CMC.
Mohon masukkannya ya mas..
trims sebelumnya.
Badar


Jawaban:
1. Untuk formula itu bagus atau tidak saya tidak bisa komentar, tidak enak kalau yang punya formula baca artikel ini, yang pasti perlu dipertimbangkan semua bahan yang gunakan dalam formula, apa manfaatnya dalam produk, tidak semua bahan di masukkan disana misal:
- camperlan, haruskah? coba saja hilangkan tanpa camperlan, apakah bedanya? berartikah camperlan disana, kalau tidak untuk apa diberi.
- asam sitrat, sitric acid, untk apa ditambah asam sitrat? memang pada sabun sering ditambah kan , itu dilakukan bila sabun menggunakan soda api, untuk menetralkan kelebihan soda api (NaOH), sehingga netral, apakah disini menggunakan soda api (basa)? lebih baik tidak perlu menambahkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya, karena hanya akan membebani biaya produksi anda.
- Edta, untuk apa ditambahkan? apakah anda menganggap itu antibakteri? bila anda beranggapan seperti itu, baca li literature , apa fungsi Edta , coba hilangkan, apakah ada bedanya?
- propilen glikol, dengan alasan apa ditambahkan propilen glikol, coba tidak ditambahkan propilen glikol, apa bedanya, apakah cukup berati? untuk apa bila hanya menambah biaya saja?
.............
2. banyak busa? sumber busanya adalah texapon, atau foam booster (walau sebenarnya bukan produser busa),tentang CMC sebagai pengental boleh saja, mohon dipertimbangkan CMC bisa mengendap di bagian dasar/ bawah produk
apakah saya sudah menjawab pertanyaan anda?
best regards
sugianto

1 komentar:

yosabrams0918 mengatakan...

Whats up! I simply want to give a huge thumbs up for the good data you've right here on this post. I will likely be coming again to your blog for more soon. online casino