Minggu, 04 November 2018

Mengapa pupuk padat/ granul sering disebut dengan "MES"?

Hasil gambar untuk kemasan urea butiran 
Perbandingan data hasil analisis di PT Pusri dengan SNI 02-2801:2010.
       
        Tabel 1. Data Hasil analisis
No.
Parameter Uji
Standar SNI 02-2801:2010
Hasil
1.
Analisis Kadar Nitrogen
min. 46,0%
46,40%
2.
Analisis Kadar Air
maks. 0,5%
0,50%
3.
Analisis Kadar Biuret
maks. 1,2%
0,44%
4.
Ukuran Butiran (Mesh)
min. 90,0%
98,09%

Ukuran Butiran:
 Hasil gambar untuk pupuk urea putih
Dalam penentuan Ukuran Butir ini butiran sampel-sampel yang tertinggal pada masing-masing mesh menandakan berapa besar ukuran butiran sampel urea yang terbentuk. Standar ukuran butiran sampel urea yaitu terdapat pada ukuran mesh No.18 yang berjumlah 98-99%. Jika sampel banyak tertinggal pada Mesh no. 6 maka itu menandakan bahwa ukuran butiran urea tersebut cukup besar dari standarnya, begitupun sebaliknya jika sampel banyak tertinggal pada Mesh no.25 maka itu menandakan bahwa ukuran butiran urea tersebut cukup kecil dari standar.

UREA

Pupuk urea, disebut juga pupuk nitrogen (N), memiliki kandungan nitrogen 46%. Urea dibuat dari reaksi antara amoniak dengan karbon dioksida dalam suatu proses kimia menjadi urea padat dalam bentuk prill (ukuran 1-3 mm) atau granul (ukuran 2-4 mm) yang keduanya diproduksi oleh Pupuk Kaltim. Urea prill paling banyak digunakan untuk segmen tanaman pangan dan industri, sedangkan urea granul lebih cocok untuk segmen perkebunan, meskipun dapat juga untuk tanaman pangan. Pupuk Urea dipasarkan dan dijual dengan merek dagang  Daun Buah dan Pupuk Indonesia. Khusus urea bersubsidi dengan merek Pupuk Indonesia, produk urea berwarna pink.

  • Urea Pupuk Indonesia

    Urea Pupuk Indonesia adalah merek yang digunakan khusus untuk pupuk Urea Bersubsidi, berwarna merah muda (pink) dan diperuntukkan ke tanaman pangan.
  • Urea Granul Daun Buah

    Urea Granul Daun Buah adalah merek yang digunakan untuk pupuk Urea Granul Non Subsidi produksi Pupuk Kaltim, berwarna putih dengan ukuran butiran 2 – 4,75 mm.Urea Prill Daun Buah
  • Urea Prill Daun Buah adalah merek yang digunakan untuk pupuk Urea Prill Non Subsidi produksi Pupuk Kaltim, berwarna putih dengan ukuran butiran 1 – 3,35 mm.

Tidak ada komentar: