Selasa, 16 Oktober 2018

Aliran fluida dan perhitungan pompa - Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) PBL (Problem Based Learning) 4C (Critical thinking, Collaborative, Comunicative, Creative)



Introduction teacher:
       Objectives (mutlak/ pasti/ sebenarnya/ nyata) 
Tujuan pembelajaran :
1)      Menentukan kecepatan air keluar (di distribusikan ke rumah)
2)      Menentukan kebutuhan daya pompa (BHP) 
       Materials
…………………………………………………
Engagement 
·         Bila kita ingin mendapatkan kecepatan air keluar dari pipa (slang) distribusi 10 m/s, berapa ketinggian tendon harus diletakkan? Atau
·         Berapa kecepatan air yang keluar bila diletakkan tendon air pada ketinggian 5 m?

Energi yang sistem diatas adalah :
Energi potensial (karena adanya beda ketinggian)
Energi kinetic (karena pergerakan / kecepatan)
Energi  yang lain?
Energi awal berupa energi potensial = mgh Berubah menjadi energi kinetic = ½ mv2 .
Benarkah rumusan tersebut?
Dirumuskan :
Ep = Ek
m. g h = ½ m. v2
hipotesa: berlaku Ep = Ek
jika kita meletakkan tandon pada ketinggian = 5 m maka akan diperoleh kecepatan air keluar(distribusi) dari pipa =


 

Exploration 
1.      Peserta  didik memperoleh pengetahuan dengan pengalaman langsung yang berhubungan dengan konsep yang dipelajari melalui penyelidikan.(creative and inovative, collaborative)
2.      Peserta  didik diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok.(Comunication)
3.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengamati data, merancang eksperimen dan mengembangkan hipotesis. .(critical thinking, collaborative)

Explanation 
1.      Peserta  didik menjelaskan temuannya dalam bentuk laporan(communicative)
2.      Mengemukakan  temuannya secara lisan.(communicative)

Extension (perluasan)
Guru  membimbing siswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat pada konteks baru. (colaboratotion, creative and innovative, communication)
Misal:
1.      Menjelaskan mengapa hipotesanya tidak terbukti!
2.      mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi selanjutnya.
3.      Mengaitkan penerapannya di industri

Evaluation 
1.      Peserta  didik melakukan refleksi dengan  membuat rangkuman (evaluasi laporan)
2.      Mengerjakan uji penguasaan materi dan umpan balik (pembahasannya).

Tidak ada komentar: