Objectives (mutlak/ pasti/ sebenarnya/ nyata)
Tujuan pembelajaran :
1) Menentukan
kecepatan air keluar (di distribusikan ke rumah)
2)
Menentukan kebutuhan daya pompa (BHP)
Materials
…………………………………………………
Engagement
·
Bila kita ingin mendapatkan
kecepatan air keluar dari pipa (slang) distribusi 10 m/s, berapa ketinggian tendon
harus diletakkan? Atau
·
Berapa kecepatan air yang keluar
bila diletakkan tendon air pada ketinggian 5 m?
Energi yang sistem diatas adalah :
Energi potensial (karena adanya beda ketinggian)
Energi kinetic (karena pergerakan / kecepatan)
Energi yang lain?
Energi awal berupa energi potensial = mgh Berubah menjadi energi
kinetic = ½ mv2 .
Benarkah rumusan tersebut?
Dirumuskan :
Ep =
Ek
m. g h = ½ m. v2
hipotesa: berlaku Ep =
Ek
jika kita meletakkan tandon pada ketinggian = 5 m
maka akan diperoleh kecepatan air keluar(distribusi) dari pipa =
Exploration
1.
Peserta didik
memperoleh pengetahuan dengan pengalaman langsung yang berhubungan dengan konsep yang dipelajari melalui
penyelidikan.(creative and inovative,
collaborative)
2.
Peserta didik diberi kesempatan untuk bekerja sama
dalam kelompok.(Comunication)
3.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengamati data, merancang
eksperimen dan mengembangkan
hipotesis. .(critical thinking,
collaborative)
Explanation
1. Peserta didik menjelaskan temuannya dalam bentuk
laporan(communicative)
2.
Mengemukakan
temuannya secara lisan.(communicative)
Extension (perluasan)
Guru
membimbing siswa untuk menerapkan
pengetahuan yang telah
didapat pada konteks baru. (colaboratotion,
creative and innovative, communication)
Misal:
1.
Menjelaskan mengapa hipotesanya tidak
terbukti!
2.
mengaitkan materi yang
telah dipelajari dengan materi selanjutnya.
3. Mengaitkan penerapannya di industri
Evaluation
1.
Peserta didik melakukan refleksi dengan membuat rangkuman (evaluasi laporan)
2.
Mengerjakan uji penguasaan
materi dan umpan balik (pembahasannya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar