ARTI 4C
(COMMUNICATION, COLLABORATIVE, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY)
Keterampilan
abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan
kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Berikut penjelasan
4C.
1.
Communication
(komunikasi)
Komunikasi
adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun
tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi
dengan baik. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara
lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya.
Manusia merupakan mahluk sosial yang
selalu berinteraksi dengan sesamanya. Oleh karena itu, komunikasi merupakan
salah satu hal yang terpenting dalam peradaban manusia. Tujuan utama komunikasi
adalah mengirimkan pesan melalui media yang dipilih agar dapat dimengerti oleh
penerima pesan. Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang
diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan,
sehingga tidak terjadi salah persepsi.
supaya komunikasi antar manusia terjalin
secara efektif dibutuhkan teknik berkomunikasi yang tepat. Teknik komunikasi adalah suatu cara yang
digunakan dalam menyampaikan informasi dari komunikator ke komunikan dengan
media tertentu. Dengan adanya teknik ini diharapkan setiap orang dapat secara
efektif melakukan komunikasi satu sama lain dan secara tepat menggunakannya.
Beberapa teknik dalam
komunikasi :
a. Ucapan yang jelas
dan idenya tidak ada makna ganda dan utuh.
b. Berbicara dengan
tegas, tidak berbelit-belit
c. Memahami betul siapa
yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran lawan bicara.
d. Menyampaikan tidak
berbelit-belit, tulus dan terbuka.
e. Sampaikan informasi
dengan bahasa penerima informasi.
f. Menyampaikan dengan
kemampuan dan kadar akal penerima informasi
g. Sampaikan informasi
dengan global dan tujuannya baru detailnya.
h. Berikan contoh
nyata, lebih baik jadikan Saudara sebagai model langsung.
i. Sampaikan informasi
dengah lembut, agar berkesan, membuat sadardan menimbulkan
kecemasan yang mengcerahkan.
j. Kendalikan noise dan carilah umpan
balik untuk meyakinkan informasi Saudara diterima. Contoh dengan bertanya atau
menyuruh mengulanginya.
2. Collaborative (kolaborasi)
Adalah
kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama, saling
bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara
produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati
perspektif berbeda. Kolaborasi juga memiliki arti mampu menjalankan tanggung
jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan
masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri
sendiri dan orang lain; memaklumi kerancuan.
3. Critical thinking
and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah).
Adalah kemampuan untuk memahami sebuah
masalah yang rumit, mengkoneksikan informasi satu dengan informasi lain,
sehingga akhirnya muncul berbagai perspektif, dan menemukan solusi dari suatu
permasalahan. Critical thinking
dimaknai juga kemampuan menalar, memahami dan membuat pilihan yang rumit;
memahami interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan
menyelesaikan masalah.
4. Creativity and Innovation (Kreativitas dan inovasi)
Adalah kemampuan untuk mengembangkan,
melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap
terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
Kreativitas juga didefinisikan sebagai
kemampuan seseorang dalam menciptakan penggabungan baru. Kreativitas akan
sangat tergantung kepada pemikiran kreatif seseorang, yakni proses akal budi
seseorang dalam menciptakan gagasan baru. Kreativitas yang bisa menghasilkan
penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) sering disebut
sebagai inovasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar